10 Cara Membedakan Sony M4 Aqua Asli dan Palsu

Sony Xperia M4 Aqua dan Sony Xperia M4 Aqua Dual merupakan smartphone Flash Ship yang cukup laris manis di Indonesia karena device ini dianggap sesuai dengan kebutuhan bagi mereka yang menyukai selfie karena perangkat ini mengusung kamera depan dengan lensa 5 mega pixel yang menjadi daya tarik utama device ini. Kesuksesan ponsel pintar berlayar 5.0 inchi ini ditakutkan akan memicu kemunculan smartphone palsu yang menyerupai HP tersebut.


Bagaimana tidak, para oknum-oknum membuat berbagai produk smartphone tiruan berdasarkan pada tingkat kesuksesan suatu device di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, kehadiran produk Sony Xperia M4 Aqua palsu dan Sony Xperia M4 Aqua Dual palsu sangat memungkinkan di Indonesia. Apalagi perangkat ini tergolong smartphone kelas menengah ke atas yang bisa membawa keuntungan bagi si pelaku kejahatan. Sebagai konsumen yang cerdas pengguna perlu mengetahui cara cek keaslian Sony Xperia M4 Aqua dan Sony Xperia M4 Aqua Dual demi keamanan sebelum membeli.

Masih ingat tentang postingan sebelumnya mengenai Sony Xperia Z4 Segera Hadir di 2015 Dengan Spesifikasi Tinggi. Nah postingan yang mengulas perbedaan antara Sony Xperia M4 Aqua dan M4 AQUA Dual asli dan palsu ini merupakan kelanjutan dari postingan sebelumnya dengan tujuan untuk mengetahui ciri Sony Xperia M4 Aqua asli dan Sony Xperia M4 Aqua Dual asli sehingga anda terhindar dari kasus penipuan. Berikut ini Loka Tekno membuat artikel tentang 10 cara cek keaslian Sony Xperia M4 Aqua:

1. Kamera Utama
Perbedaan antara Sony Xperia M4 Aqua dan Sony Xperia M4 Aqua Dual asli dan palsu dapat dilihat dari kwalitas kamera utama. Kedua smartphone ini sama-sama memiliki kamera pada bagian belakang berlensa 13 mega pixel dengan kemampuan f/2.0, autofocus, LED flash, dan ditambah dengan fitur Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, panorama serta mampu merekam video hingga 1080p@30fps. Ketika digunakan untuk melakukan foto hasilnya cukup bagus dengan pencahayaan yang natural. Apabila Sony Xperia M4 Aqua dan M4 Aqua Dual palsu telah beredar dimasyarakat, coba anda gunakan kamera belakangnya apakah hasilnya bagus atau tidak.

2. Kamera Depan
Untuk menyasar pengguna selfie, Sony Xperia M4 Aqua dan Sony Xperia M4 Aqua Dual dibenamkan dengan kamera berlensa 5 mega pixel ditambah dengan dukungan merekam hingga 720p, sehingga cukup nyaman digunakan saat selfie. Ciri Sony Xperia M4 Aqua palsu dan Sony Xperia M4 Aqua Dual palsu pasti tidak memiliki fitur selengkap di atas, hal itu dilakukan oleh si pelaku untuk mengurangi biaya produksi.

3. Kapasitas RAM
Hal lain yang dapat dijadikan perbandingan antara Sony Xperia M4 Aqua dan Sony Xperia M4 Aqua Dual asli dan palsu adalah melalui kapasitas RAM. Biasanya jika produk-produk palsu selalu menggunakan RAM yang kecil yakni 512 MB dan yang paling tinggi biasanya 1 GB saja. Sony Xperia M4 Aqua asli dan M4 Aqua asli Dual menggunakan RAM berkapasitas 2 GB. Apabila smartphone Sony Xperia M4 Aqua dan Sony Xperia M4 Aqua Dual yang anda miliki kapasitas RAM-nya tidak demikian maka anda patut curiga.

4. Memori Internal
Cara membedakan Sony Xperia M4 Aqua dan Sony Xperia M4 Aqua Dual replika / palsu dapat dilihat juga melalui kapasitas memori internalnya. Disni juga yang paling sering digunakan oleh pelaku agar smartphone palsu yang mereka jual bisa dibadrol dengan harga murah. Sony Xperia M4 Aqua dan Sony Xperia M4 Aqua Dual asli menggunakan internal 8 GB atau 16 GB. Biasanya smartphone tiruan menggunakan memori internal paling besar itu 4 GB lebih dari itu mereka tentu tidak mau karena takut rugi.

5. Versi OS Android
Nah disini juga paling sering diincar oleh pelaku kejahatan agar smartphone yang mereka jual bisa berharga murah. Sony Xperia M4 Aqua asli menggunakan Android OS, v5.0 (Lollipop), yang bisa diupdate ke v6.0 (Marshmallow). Nah yang sering digunakan pada produk Sony M4 Aqua dan Sony M4 Aqua Dual tiruan atau palsu adalah versi Android yang sudah lama meluncur seperti Jelly Bean atau Kitket.

6. Chipset, CPU dan GPU
Sony Xperia M4 Aqua asli dan Xperia M4 Aqua Dual asli menggunakan hardware sebagai berikut:
  • Chipset: Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615
  • CPU: Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.0 GHz Cortex-A53
  • GPU: Adreno 405
Coba anda lihat device yang anda miliki, apabila hardware tidak sama dengan di atas pasti itu smartphone Sony Xperia M4 Aqua supercopy atau palsu.

7. Fitur Jaringan
Sony Xperia M4 Aqua dan Sony Xperia M4 Aqua Dual asli support berbagai jaringan dari 2G hingga 4G dan mendukung Wifi serta bisa digunakan sebagai Hotspot. Biasanya smartphone Sony Xperia M4 Aqua KW / palsu paling banter hanya memakai jaringan 3G saja dan tidak mendukung Wifi serta hotspot. Silahkan cek smartphone anda.

8. Ada Radio
Sony Xperia M4 Aqua dan Sony Xperia M4 Aqua Dual asli memiliki pemutar radio khas bawaan Sony. Biasanya juga smartphone Sony Xperia M4 Aqua kloning sangat malas menyematkan fitur pemutar radio pada perangkat tersebut. Coba anda cek Sony Xperia M4 Aqua yang anda miliki, apakah ada radio? Jika tidak itu pasti produk supercopy.

9. Koneksi
Sony Xperia M4 Aqua dan Sony Xperia M4 Aqua Dual asli menggunakan koneksi Bluetooth versi 4.1 dan support NFC yang memungkinkan mengirim foto super cepat dengan hanya sekali sentuh saja. Biasanya lagi, Sony Xperia M4 Aqua dan Sony Xperia M4 Aqua Dual palsu juga malas menyematkan NFC ke dalam perangkatnya. Kalau mereka memasang semua fitur sama persis pasti mereka akan rugi.

10. Cek IMEI
Cara paling ampuh cek keaslian Sony Xperia M4 Aqua atau Sony Xperia M4 Aqua Dual adalah dengan mengetahui IMEI.  Cara cek kode IMEI Sony Xperia M4 Aqua dan Sony Xperia M4 Aqua Dual cukup dengan menekan tombol *#06# maka akan muncul kode unik yang hanya dimiliki oleh smartphone Sony Xperia M4 Aqua atau M4 Aqua Dual anda saja. Silahkan anda cocokkan dengan IMEI di box kardus pembelian dan cocokkan juga di website resmi Sony.  Apabila Sony Xperia M4 Aqua atau M4 Aqua Dual anda memang benar-benar asli maka keduanya akan cocok. Apabila smartphone yang anda miliki ternyata tiruan, maka hasilnya pasti failed.

Kesimpulan
Semua perbedaan antara Sony Xperia M4 Aqua asli dan palsu yang disebutkan di atas adalah berdasarkan pada software dan hardware. Perbedaan secara fisik belumlah di bahas mengingat penulis harus membandingkan kedua smartphone antara asli dan palsu secara nyata dan disertai dengan bukti berupa gambar hasil pengamatan.

Apabila anda memiliki bukti gambar cara membedakan secara fisik antara Sony M4 Aqua asli dan palsu mohon untuk memberitahukan penulis sehingga bisa diposting dikemudian hari. Oh iya, Sumber artikel di atas di ambil dari GSMArena yang merupakan website terpercaya khusus membahas handphone dan website ini sudah berskala internasional. Sehingga mengenai ke akuratan data sangat dapat dipertanggungjawabkan.

Setelah anda melakukan 10 Cara Membedakan Sony M4 Aqua Asli dan Palsu di atas sekarang anda pasti sudah bisa menentukan apakah smartphone yang anda miliki itu benar-benar original atau tidak. Anda juga bisa share ke teman-teman anda agar mereka juga bisa membuktikan sendiri dengan cara cek keaslian smartphone, apakah Sony Xperia M4 Aqua atau Sony Xperia M4 Aqua Dual yang mereka miliki asli atau tiruan.

Posted by Loka Tekno
LokaTekno Updated at: 2:51:00 AM

3 komentar: